Laman

Minggu, 25 September 2011

INKURSI DI FAKULTAS HUKUM UI


Hari ini tanggal 9 september 2011, acara PMH hari ini adalah ekskursi dan inkursi. Sebagian dari kami ekskursi ke Mahkamah kontitusi, komisi pemberantasan korupsi, komnas HAM. Dan sebagian lagi inkursi di lingkungan FHUI. Di FH kebetulan ada acara halal bil halal dosen, alumni dan mahasiswa FHUI, jadi suasana di FH ramai dan seru.
Hari ini kami diminta hadir pukul 13.00 WIB. Saya dapat yang inkursi di FHUI. Sebenarnya saya ingin ekskursi ke lembaga – lembaga negara tersebu , tapi sudah ditetapkan oleh panita. Mudah – mudahan nanti saat kuliah ada ekskursi seperti itu.
Setelah semua teman – teman hadir semua di lapangan futsall FHUI, teman – teman yang mendapat ekskursi segera berangkat ke masing – masing lembaga negara tersebut. Teman – teman ekskursi dibagi 3 kelompok. Kelompok pertama ke Mahkamah konstitusi, kelompok yang kedua ke KPK, dan yang ketiga ke Komnas HAM. Sementara yang inkursi tetap di lapangan futsal FH.
Acara pertama kami yang inkursi adalah pengumpulan tugas kepada mentor masing – masing sesuai kelompok. Setelah itu abang – abang dan kakak – kakak panitia memberikan penjelasan – penjelasan tentang inkursi di depan seperti biasa. Setelah itu acaranya adalah mentoring sampai pukul 14.30 WIB.
Pada acara mentoring seperti biasa berbicang – bincang. Abang mentor menjelaskan mengenai perkuliahan dan tentang acara hari ini yaitu inkursi. Setelah abang mentor selesai menjelaskan semuanya kami pun mulai bercanda tawa karena waktu yang diberikan panitia sangat panjang.
Setalah pukul 14.30 WIB, kami pun diminta untuk berbaris kembali sesuai kelompok oleh panitia. Panitia membagi kami menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama yaitu mulai dari kelompok 1 sampai kelompok 10, kelompok kedua yaitu mulai dari kelompok 11 sampai kelompok 20, kelompok ketiga yaitu dari kelompok 21 sampai kelompok 30, dan kelompok keempat yaitu mulai dari kelompok 31 sampai kelompok 40.
Masing – masing kelompok memulai inkursi dari sudut yang berbeda, ada yang dari lab komputer, dari gedung F, dari gedung E, dan dari gedung C di depan ruangan kajian tentang hukum islam. Kelompok saya memulai inkursi dari gedung C. Kami didampingi oleh banyak mentor yaitu mentor – mentor dari kelompok 31 sampai kelompok 40 dan panitia devisi materi.
Yang pertama kami singgah di ruangan pengkajian tentang islam, panitia menjelaskan semua tentang ruangan itu. Bila kita ada persoalan tentang hukum islam kita bisa mengkajinya di dalam ruangan itu yang akan dibantu oleh para dosen. Setelah itu kami ke KOPMA , gedung serba guna, ruangan C201, ruangan C205, ruangan C215, mading tempat pengumuman,tempat registrasi reguler, ruang D215, ruang D214, ruang D205, ruang organisasi – organisasi FHUI, tempat registrasi kelas internasional, dan tempat registrasi palarel.
Dari ruangan tadi panitia menjelaskan tentang tempat – tempat PK. PK 1 di ruang C201, PK 2 di ruang C215, PK 3 di ruang D215, PK 4 di ruang C205, PK 5 di ruang D205, dan PK 7 D214. Saya masih kurang mengerti tentang PK tersebut.
Setelah selesai semua kami diminta untuk ke loby mengikuti acara halal bil halal tersebut. Sampai di sana kami langsung makan, makanan yang paling laris adalah sate. Untuk mendapatkan sate kami harus mengantri panjang, syukur saya dapat satenya, banyak juga teman yang tidak dapat sate karena kehabisan.
Setelah selesai makan saya langsung ke tempat minuman. Di sana juga mengantri panjang, syukur saya dapat minumnya ada temen yang tidak dapat karena kehabisan. Makanan yang tersedia  banyak jenisnya jadi teman – teman yang tidak dapat sate masih bisa makan yang lainnya.
Setelah itu kami kembali lagi ke lapangan futsall FHUI. Sebelum pulang panita memberikan tugas untuk hari esok kepada kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar