Laman

Minggu, 25 September 2011

TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI


1. Pendidikan dan Pengajaran
Pengertian pendidikan dan pengajaran ini adalah bagaimana kita sebagai mahasiswa untuk merelasasikan ilmu kita atau meneruskan ilmu kita di dunia nyata dihadapan masyarakat agar mereka mengerti akan sesuatu yang seharusnya benar dan yang seharusnya salah. Dengan demikian kita sudah melakukan pendidikan dan pengajaran tehadap mereka.

2. Penelitian dan pengembangan
penelitian dan pengembangan adalah elemen terpenting dalam tridharma perguruan tinggi. Karena elemen ini sangatlah penting dalam kemajuan teknologi, apabila penelitian dan pengembangan terhambat maka kemajuan teknologi tidak akan ada atau kemajuan teknologi tidak ada, begitu juga kebalikan nya kalau penelitian dan pengembangan berjalan dengan lancar maka kemajuan teknologi akan semakin pesat. Tapi, kita harus cermat juga untuk melakukan penelitian dan pengembangan ini. Penelitian dan pengembangan jangan lah dilakukan hanya untuk kepentingan sementara atau hanya berguna untuk sesaat saja. Kita harus memikirkan hasil penelitian itu untuk keperluan yang panjang dalam arti berguna hinggah masa depan bagi masyarakat. Dengan demikian ilmu kita akan berguna untuk masa depan dan tidak ada kontroversi nantinya.


3. Pengabdian pada masyarakat
Pengabdian terhadap masyarakat dapat dilakukan dilakukan melalui individu sebagai mahasiswa, kelompok sebagai organisasi dalam universitas, dan kelompok dalam konten universitas. Pengabdian kita terhadap masyarakat jangan lah semata – mata mencari keuntungan untuk individu maupun kelompok. Tetapi benar – benar ikhlas untuk kemajuan bangsa dan negara indonesia. Itu semua dapat kita lakukan dengan merelasasikan hasil penelitian kita dimasyarakatnya yang tentunya sangat berguna bagi negara dan bangsa indonesia dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar