Laman

Senin, 22 Oktober 2012

Latar Belakang Timbulnya Agama Islam



Agama Islam adalah agama yang mengajarkan tentang perilaku manusia kepada Sang Pencipta yaitu Allah SWT. Ajaran Islam tersebut tidak lain adalah mengajarkan apa yang ada di dalam kitab suci agama Islam yaitu Al – Qur’an. Oleh sebab itu, apabila berbicara tentang latar belakang timbulnya Islam, maka kita sebenarnya berbicara latar belakang kenapa Allah menurunkan Al – Qur’an kepada Nabi Muhammad saw untuk umat manusia. Tapi mengapa Islam dengan kitab sucinya Al – Qur’an diturunkan? Sementara waktu itu sudah banyak agama dan dengan kitab sucinya juga.
Dalam Al – Qur’an cukup jelas mengapa Allah SWT mengutus Nabi Muhammad saw sebagai Rasulallah untuk menyampaikan firman – firman Allah kepada umat manusia. Dapat kita lihat di surah Ali Imran ayat 164 yang mempunyai arti “Sesungguhnya Allah telah memberi karunia kepada orang – orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri. Ia membacakan kepada mereka ayat – ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka dan mengajarkan mereka Al Kitab dan Al Hikma. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan nabi) itu, mereka berada dalam kesesatan yang nyata”. Dengan demikian ayat ini sudah jelas bahwa agama Islam timbul karena adany kesesatan umat manusia dengan ajaran mereka untuk menyembah Allah SWT.
Allah SWT menurunkan Al – Qur’an kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat Jibril secara berangsur – angsur. Al – Qur’an diturunkan secara berangsur – angsur salah satunya ialah karena “Agar lebih mudah dimengerti dan dilaksanakan. Orang akan enggan melaksanakan suruhan dan larangan sekiranya suruhan dan larangan itu diturunkan sekaligus banyak”. (hal ini diebutkan oleh bukhari dari riwayat ‘Aisyah r.a). 
Lalu kenapa Al – Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw?. Hal ini pun cukup jelas difirmankan oleh Allah SWT di dalam Al – Qur’an salah satunya dalam Surat At Taubah ayat 128, yang mempunyai arti “Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari bangsamu sendiri, berat terasa oleh penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan kebahagian) mu, terhadap orang – orang mukmin ini sangat pengasih lagi penyayang”. Surat ini berarti, bahwa rasul yang diturunkan kepada mereka itu adalah salah seorang diantara mereka, yang mereka tahu benar tentang kemurnian moralnya dan kebaikan budi pekertinya.
Oleh karena itu, kita sekarang tahu mengapa Agama Islam itu ada walaupun pada saat itu sudah banyak agama – agama lain. Allah SWT menjadikan Islam sebagai agama tidak lain karena manusia pada saat sebelum itu adalah berada dalam kesesatan. Dengan demikian Allah mengutus Nabi Muhammad saw untuk mengajarkan kebenaran kepada umat manusia. Nabi Muhammad pun dipilih oleh Allah untuk menjadi rasul karena mereka (umat manusia) sudah tahu kebaikan dan kemurnian dari hatinya, hal ini dikarenakan agar mereka lebih mudah percaya dengan apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad saw yang menurut mereka tidaklah mungkin berbohong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar